Search This Blog

Saturday 13 August 2016

About

gugum gumilar di Garut

Goomilar 97 merupakan sebuah weblog yang dibuat untuk suatu proses pembelajaran terutama bagi para pemula atau yang belum mengetahui atas content yang disediakan. Namun sebaliknya, untuk yang telah mengetahui/memahami atau bahkan memiliki pengetahuan lebih dari penulis, dapat sharing melalui contact yang telah disediakan. Jika memang apa yang Anda kirim kepada contact Goomilar 97 mengandung content menarik dan cocok untuk dipelajari oleh pembaca lain, maka Goomilar 97 akan mempostingnya. Mengingat teknologi semakin lama semakin berkembang dan bahasa pemrogramanpun semakin lama semakin bertambah, tidak semua programmer dapat mengetahui atau memahami semua bahasa pemrograman tersebut. Maka ada baiknya untuk kita berbagi melalui sebuah web atau mungkin sosial media yang dimiliki. Karena semakin kita berbagi maka akan semakin banyak pula ilmu yang kita dapatkan, bahkan kitapun sebagai manusia yang tiada sempurna akan selalu memiliki kekurangan dan kesalahan, maka semakin kita banyak berbagi, akan ada saatnya kekurangan atau kesalahan pada diri kita tersebut ada yang mengoreksi. Lagipula sesama programmer, jika kita semakin sering berbagi pengetahuan maka akan semakin banyak pula teman yang akan membantu kita disaat merasa kebingungan untuk menghadapi suatu program. Penulis sedikit teringat ucapan dosen di kampus pada acara seminar, beliau berkata “tidak ada bahasa pemrograman yang sempurna, tapi segala kesalahan/kekurangan dalam pembuatan program itu lebih banyak karena programmernya, bukan karena bahasa pemrogramannya, maka perbanyaklah berbagi karena suatu saat kitapun akan membutuhkan bantuan dari programmer lain”. Kurang lebih seperti itu yang dosen penulis katakan.

Goomilar 97 bukanlah sebuah weblog yang dibuat oleh programmer profesional atau programmer expert, Goomilar 97 hanyalah sebuah weblog yang dibuat oleh seorang mahasiswa semester awal yang bermaksudkan untuk dapat sharingnya dengan para programmer lain, bahkan yang diharapkannya tak jauh dari koreksi dan tambahan dari programmer lain. Karena terlalu banyak hal yang tidak/belum diketahui oleh penulis sebagai seorang mahasiswa baru. Maka dari itu penulispun dalam setiap menuliskan isi per-halaman sembari belajar, apa yang penulis tahu maka itulah yang penulis posting. Bahkan terkadang penulispun mencoba terlebih dahulu pada sebuah program walau bahasa pemrograman yang akan diposting telah sempat dicoba sebelumnya, dikhawatirkan ada kesalahan yang fatal dalam penjelasan ataupun penulisan bahasa pemrograman. Karena yang namanya ilmu, walau sekecil apapun kita membuat kesalahan dalam berbagi, maka pada saat seseorang yang kita bagi ilmu tersebut menyebarkan ilmunya, maka kesalahan itu akan terus mengalir selama tiada koreksi dari yang menerimanya. Maka dengan itu, penulis sangat mengharapkan kerja samanya dengan pembaca yang setia untuk dapat sharing dan saling mengoreksi dari pengetahuan yang dituangkan secara umum seperti pada weblog ini.

Goomilar 97 bukanlah tempat belajar utama untuk para programmer pemula ataupun yang sudah handal, karena bagaimanapun tetap saja ajaran dosen/guru berikut buku-buku yang Anda baca merupakan kunci dan gerbang awal pengetahuan Anda. Walaupun penulis tidak pernah berniat buruk (menjerumuskan pembaca) dalam penulisan setiap isi dari content yang disediakan, namun penulis tetap ingin mengingatkan bahwa web yang tidak resmi janganlah dijadikan patokan utama untuk belajar (termasuk Goomilar 97 sekalipun). Jikapun merasa tertarik untuk membacanya, alangkah lebih baik jika menyertainya dengan pembuktian. Seperti halnya jika Anda membaca sebuah artikel tentang bahasa pemrograman, alangkah lebih baik jika Anda menyertakannya dengan praktek dirumah (membuat program yang sesuai dengan apa yang dipelajari dari artikel tersebut). Karena bahkan web yang resmipun terkadang mengandung kesalahan yang fatal, dan tidak ada yang menjamin bahwa sebuah web yang dibuat itu dapat menjadi web yang sempurna, bahkan saat ditulis oleh para ahli. Karena tiada satu halpun yang dibuat oleh manusia dapat menandingi kesempurnaan ciptaan Tuhan. Maka dari itu, perbanyaklah sharing untuk kebaikan dan bertambahnya ilmu pengetahuan, serta perbanyaklah bertanya pada para ahli atau yang berpengetahuan lebih/ yang berpengalaman.

Setelah penulis menjelaskan tentang Goomilar 97, alangkah lebih baiknya penulispun memperkenalkan diri agar tidak hambar akan topik bahasannya. Karena sebagai weblog pribadi, maka penulis merasa diwajibkan untuk menjelaskan tentang diri penulis pribadi untuk menghindari rasa penasaran pembaca jika suatu saat akan menghubungi penulis melalui contact yang telah disediakan. Karena bagaimanapun apa yang penulis tulis dalam content weblog ini ialah tanggung jawab penulis pribadi, termasuk segala kekurangan dan kesalahan yang terjadi dalam setiap bahasan. Namun yang penulis harapkan, pembaca tidak lagi merasa sungkan untuk menghubungi penulis. Tak perlu asingkan penulis, karena kita dapat berkenalan untuk sebuah pertemanan, untuk silaturahmi dan sharing sebagaimana yang dapat kita lakukan.

Saya atas nama Gugum Gumilar merupakan seorang mahasiswa yang baru terdaftar pada tahun 2015 lalu di Universitas Budi Luhur - Jakarta Selatan pada Fakultas Teknologi Informasi dengan jurusan Teknik Informatika yang tengah mempelajari bidang programming dan tidak termasuk hacking. Sebelumnya penulis menjalani pendidikan selama 3 tahun di Yayasan Al-Hasra - Depok pada Sekolah Menengah Kejuruan dengan jurusan Teknik Komputer & Jaringan, dan bersekolah selama 3 tahun pula di SMP NEGERI 1 Cikajang – Garut, serta berSekolah Dasar di SD NEGERI Sukawargi 1 – Garut. Lahir pada 24 Januari 1997 di salah satu Desa di Kota Subang – Jawa Barat, dan lalu pada usia 2 – 4 tahun tinggal bersama kedua Orang Tua dan seorang Kakak perempuan sebelum akhirnya tinggal bersama Nenek di Kota Garut sembari menempuh pendidikan disana.

Sejak kecil memang Gumilar sangat mengagumi dunia komputer, bukan untuk bermain game seperti anak pada umumnya, namun Gumilar lebih aktif di sosial media dan Blogging. Maka sejak SD pun, saat yang lain belum mempelajari dunia internet, Gumilar sudah mulai aktif untuk mencobanya. Walau memang tidak dapat sehandal para programmer atau anak IT pada umumnya, namun Gumilar memang sudah banyak bermimpi untuk dapat menguasai/memahami seputar ilmu komputer. Karena menurut Gumilar, dunia komputer itu sangat indah, selain dapat menjelajah dunia dengan mudah, mengetahui berbagai hal baru dari apa yang dapat dibaca, juga soal dunia kerja, seperti yang dapat kita lihat pada umumnya, pekerjaan IT itu tidak terlalu sibuk/banyak waktu santainya, serta jika bicara soal penghasilan tidak lagi perlu diragukan. Itulah alasan mengapa Gumilar sangat mengagumi dunia ilmu komputer.

Salah satu alasan mengapa Gumilar lebih memilih IT daripada dunia pendidikan/dunia kerja lainnya ialah karena Gumilar merupakan sesosok pemalas yang alumni anak nakal dengan emosi yang mudah membara berikut seringnya melanggar aturan yang ada. Pada dunia IT, Gumilar merasa semua itu akan lebih baik, karena pekerjaannya tidak jauh dari sebuah komputer dan tidak terlalu melelahkan, cukup jari yang bergerak dan otak yang berpikir (seperti pada umumnya). Namun yang lebih diharapkan oleh Gumilar ialah dapat membuat sebuah aplikasi dengan penghasilan yang dapat menjamin, karena dengan begitu sifat buruk yang dimiliki Gumilar tersebut tidak terlalu menjadi tantangan. Mengingat dengan adanya usaha sendiri maka tidak ada lagi atasan yang akan memberikan sebuah aturan berat, pekerjaan berat, dan juga lebih terhindar dari emosi yang sulit dikendalikan.

Walau banyak orang berkata bahwa jurusan Teknik Informatika itu tidak mudah dalam proses belajarnya, namun alasan mengapa Gumilar tetap memilih untuk mengambil jurusan tersebut ialah karena pada prinsip Gumilar, lebih baik bersusah dahulu tapi santai kemudian daripada kuliah santai tapi kerja sibuk dengan sedikit istirahat. Karena memang dapat dilihat dengan jelas bukti-bukti yang sudah pernah ada disekitar kita, orang-orang yang sukses ialah orang-orang yang pada masa mudanya selalu menyibukan diri, dan sebagian besar orang yang gagal ialah yang pada masa mudanya terlalu banyak bersantai. Memang pendapat ini belum tentu dapat sepenuhnya benar, namun ini hanyalah sedikit pemikiran yang ada dalam diri Gumilar. Dan walau memang sampai saat ini Gumilar belum dapat berbuat banyak terutama untuk sebuah penghasilan, namun Gumilar selalu berharap akan kebaikan di masa depannya, karena ia sering kali merasa dihantui oleh masa lalunya yang nakal dan tak berguna. Maka dari itu, dunia komputer merupakan bagian besar dari harapan akan masa depannya.